Minggu, 29 April 2012

Trapped with Social Media?

Data http://www.internetworldstats.com/asia.htm#id mengatakan bahwa dari 245 juta penduduk Indonesia, 55 juta nya sudah menggunakan internet. Hal ini berarti bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 22,4% dari seluruh penduduk dan 17,5% nya menggunakan facebook. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.
Melihat dari sisi pengguna bisa kita lihat bahwa pola pemakaian internet di Indonesia sebenarnya belum digunakan secara maksimal dan tepat guna. Dari data alexa.com topsite yang dikunjungi di Indonesia adalah facebook, google, twitter dan lainnya. 
Social Media - MMT Batch 2 Group M
Dari topsite tersebut terlihat bahwa pengguna internet Indonesia sangat aktif menggunakan facebook dan sosial media lainnya. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal facebook dan sosial media terlebih dahulu dibandingkan dengan fungsi lain pada internet. Hal ini juga mendorong pemakaian mobile phone secara lebih banyak untuk mengakses internet dibandingkan dengan PC.
Sejalan dengan hal diatas, kali ini saya harus setuju dengan apa yang dikatakan oleh Tifatul Sembiring sebagai Menkominfo bahwa pengguna internet di Indonesia lebih banyak yang tidak serius. Sebenarnya hal ini merupakan pilihan seseorang, akan tetapi yang ingin saya angkat disini adalah banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui adanya berbagai hal lain yang bisa dilakukan melalui internet selain bernarsis ria melalui facebook dan berbincang dengan teman yang bertemu dengan kita setiap harinya melalui online chatting misalnya. Jadi bisa dikatakan bahwa sebenarnya bukan masyarakat Indonesia yg menginginkan hal tersebut akan tetapi karena sosial media merupakan akses termudah yang bisa mereka lakukan dan mereka pahami.
Beruntung bagi kita yang tinggal di kota besar dengan semua akses internet dan informasi serta literacy mengenai penggunaan internet yang maksimal dan bijak. Akan tetapi sayangnya bahkan ada bagian dari negara kita yang tidak memiliki akses tersebut. Bahkan untuk beberapa orang yang mengaku aktif mengakses internet pun banyak yang tidak aware atau bahkan tahu akan kegiatan berguna lain yang bisa digunakan melalui internet.
Kegiatan pengembangkan diri seperti mencari dan membaca e-book baik berbayar maupun gratis (salah satunya dari http://www.free-ebooks.net/), pengembangkan usaha dan perekonomian dengan mencari tahu lebih banyak dan memperluas market suatu produk lokal bisa dengan sangat mudah dilakukan. Sayangnya dengan keterbatasan akses yang tidak dilengkapi dengan literacy yang cukup, masyarakat Indonesia seperti terperangkap dalam penggunaan social media saja.
Semoga dengan meningkatnya penggunaan internet setiap tahunnya, bisa diseimbangkan dengan akses dan media literacy yang baik. Dengan begitu Indonesia bukan hanya bisa menghasilkan pengguna internet yang pintar, akan tetapi juga pembuat situs-situs, aplikasi dan games yang berkualitas.
Well the question is, are you trapped or feel trapped


Feel free to express your thoughts here :) , and stay "Tune" on MMT Batch 2 GroupM !  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar