Selasa, 15 Mei 2012

Importance of SEO, Common Sense That I Got from GroupM Interaction Indonesia Session : Another Share from Kutu MMT Batch 2 GroupM

Halo, jumpa lagi dengan Iqbal, salah satu Kutu dari MMT Batch 2 GroupM . Kali ini Kutu akan share salah satu pemikiran yang kutu dapat dari ngobrol-ngobrol dengan Nur Anasta, SEO Manager dari GroupM Interaction Indonesia

Ceritanya berawal dari percakapan dengan salah satu seorang teman kuliah kutu, yang saat ini lagi membuat tugas akhir. Nah, doi mengambil tema digital marketing sebagai tema tugas akhirnya. Kira-kira, percakapan antara kutu dan teman kutu itu seperti ini :

Kutu                : "boi...ente pake SEO gak buat digital marketing website ente"
Teman kutu     : "hah..? SEO ? apaan tuh ?"
Kutu                : "ente serius gatau SEO apaan ?"
Teman kutu     : "kagak..apaan tuh..program gitu ya ?"
Kutu                : "hanjreeeettttt...@#@$!^##@)!@*#"

Nah selepas percakapan tersebut, kutu langsung ingat juga obrolan sore kutu dengan Nur Anasta, SEO Manager dari GroupM Interaction Indonesia.Dari obrolan itu, kutu langsung paham tuh pentingnya SEO klo kawan-kawan emang serius mau ngelakuin digital marketing.

Apaan sih SEO ?

SEO itu singkatan dari "search engine optimization". Gampangnya gini, kalau temen-temen punya website yang ingin disebarluaskan, dengan SEO, website temen-temen bisa muncul di halaman pertama search engine google kalau ada orang yang masukin kata kunci yang berhubungan dengan website temen-temen.

google mmt batch 2 groupm interaction indonesia
www.google.com

Nah, yang patut temen-temen ketahui, SEO itu bukan program atau script yang dipasang di website temen-temen. SEO itu adalah suatu praktek supaya website temen-temen itu lebih mudah di data oleh google dan dianggap relevan juga sama google .

Kenapa Penting ?

Pengen bukti bahwa SEO itu penting ? Sekarang kita coba lihat situs-situs yang paling sering dikunjungin di Indonesia. Nah, datanya kutu dapet dari www.alexa.com

alexa.com mmt batch 2 groupm interaction indonesia
Top 10 site Indonesia form www.alexa.com

Klo temen-temen lihat..situs pertama yang paling sering dikunjungin adalah Facebook.com . Wajar dong, siapa sih sekarang yang ga punya akun Facebook. Nah sekarang coba lihat situs apa yang paling sering dibuka setelah Facebook. Yap, google.co.id dan google.com berada di urutan ke dua dan ke tiga situs yang paling sering dikunjungin di Indonesia. Nah, sayang banget kan klo kawan-kawan yang digital marketer ga ngegunain SEO sebagai tools marketingnya.

Selain untuk menarik pengunjung dari search engine google , SEO juga berguna banget untuk menangkal sentimen negatif yang ada di internet. Misal, katakanlah merek dagangan kawan-kawan adalah 'kutu'. Nah, sebelum kawan-kawan ngegunain SEO, ketika ada orang  yang mengetikkan kata 'kutu' di search engine, yang keluar adalah berita-berita jelek tentang produk kawan-kawan. Dengan SEO, kawan-kawan bisa memperkecil sentimen negatif tersebut dengna mengusahakan website produk kawan-kawan keluar pertama kali di search engine sebelum berita-berita jelek tersebut.

Pasti penasaran kan gimana caranya ngejalanin SEO untuk website kawan-kawan. Klo gitu, tunggu artikel berikutnya dari Kutu MMT Batch 2 GroupM . Mungkin aja kan, kita bakal share trik-trik SEO dari sesi GroupM Interaction Indonesia , hehe, cheers !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar