Sabtu, 05 Mei 2012

What is KLOUT SCORE?

What is KLOUT SCORE?

Kali ini KutuMediaMaster - MMT Batch 2 GroupM akan ngeshare lagi nih. Apakah kalian pernah mendengar mengenai website satu ini? Yang jelas bukan berisi mengenai awan atau perkiraan cuaca yaah.. hehehe...

Situs www.klout.com adalah alat media sosial yang mengukur pengaruhmu di web. Jadi skor pada Klout memberikan gambaran mengenai popularitas/pengaruh dari pengguna social media.

Klout Website - MMT Batch 2 GroupM
Klout Website

Lets see how this Klout works!
Klout.com ini dapat diakses dengan gratis oleh semua orang yang punya akun social media. Cukup dengan sign in dalam twitter misalnya maka Klout pun langsung bisa bekerja. Dalam Klout ini ada sebuah tools yang dinamakan branding monitoring dan juga pencari search engine blog dengan melihat daftar yang sudah ada. Yang membuat Klout berbeda adalah situs ini unik dalam kategorinya yaitu social media scoring.

Pengguna Klout ini bisa dari brand yang berkampanye dalam social media bahkan sampai pengguna biasa. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam menggunakannya. Setelah sign in dalam akun social media kamu, data bisa dilihat dan dianalisa dalam beberapa menit saja. Selain itu situs ini juga tidak dimaintainence setelah melalukan account setup. Klout bisa digunakan secara berkala untuk melihat perkembangan social media atau hanya sekali-kali saja sesuai dengan tujuan masing-masing.

Pada dasarnya Skor Klout mulai dari skala 0 hingga 100 dengan 100 menjadi yang paling berpengaruh. Klout dihitung dengan kombinasi lebih dari 25 variabel. Ini merupakan analisis isi dari percakapanmu, respon pada pembaca dan bagaimana mereka bereaksi terhadap konten social media kamu. Setelah memiliki akun Klout, kamu akan dapat melihat sejumlah besar statistik dan pengaruhmu di social media.
Beberapa pengukuruan dalam social media Skor Klout:

 MMT Batch 2 GroupM  Twitter: Retweets and Mentions
 MMT Batch 2 GroupM  Facebook: Comments, Wall-Posts, Likes
 MMT Batch 2 GroupM  LinkedIn: Comments, Likes
 MMT Batch 2 GroupM  Foursquare: Tips, To-Do's, Done
 MMT Batch 2 GroupM  Google+: Comments, Reshares, +1

Kategori-kategori utama yang mempengaruhi Skor Klout Kamu adalah:
1.    True Reach
  • Reach : mempertimbangakan kualitas konten dan persebarannya di social media
  • Demand: jumlah orang yang di follow untuk mencapai sejumlah followers dan replys.
2.    Amplification Probability
  • Engagement: ragam pesan dan kedalaman percakapan.
  • Velocity: kemungkinan untuk di re-tweets, share, di +1
  • Activity: frekuensi dalam membuat konten, dan apakah hal tersebut menarik followers dan re-tweets?
3.    Network Score :  menganalisa pengaruh orang-orang yang berinteraksi dengan kamu.


Hasil skornya adalah angka dan penempatan pada grafik pengaruh, dengan 4 kuadran. Masing-masing kuadran diidentifikasi dengan khas:
  • Connector
Pendapat dan penilaian kamu dihormati di antara lingkup pengaruh Kamu. Ketika kamu berbicara orang mendengarkan.
  • Persona
Kamu adalah orang terkenal atau orang yang sangat baik dalam melakukan pemasaran online diri kamu sendiri. Bukan hanya memiliki jumlah followers yang banyak akan tetapi kamu juga audience yang responsif.
  • Casual
Twitter tidak terlalu penting untuk bisnismu. Kamu telah mencobanya akan tetapi tidak berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan. Atau kamu baru saja memulai dan menggunakan twitter sebagai news feed. Bagaimanapun twittermu tidak terlalu mempengaruhi hidup banyak orang.
  • Climber
Going up? Pengaruhmu mulai menarik perhatian dan mempengaruhi banyak orang.Kelemahan dalam status ini adalah banyak spammer juga termasuk dalam kategori ini – misalnya dengan banyak followers di Twitter, tetapi tanpa satu pun mendengarkannya.

Skor Klout tidak hanya merupakan ukuran seberapa baik pemasaran yang kamu lakukan, yang juga membantu mempromosikan profil dan akun social media-mu. Semakin tinggi skornya maka kesempatan untuk ditemukan, diikuti, dan didengarkan akan semakin baik. Klout.com mirip dengan Technorati dalam menyediakan peringkat, dan sebagai hasilnya, akun populer mendapatkan imbalan dalam ranking pencarian.

Want to know how influenced are you among the MMT batch 2 group M in the social media? Just cek your Klout score!

By: Diana - MMT Batch 2 GroupM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar