Selasa, 01 Mei 2012

Mari Mengenal Startup : Sebuah Ajakan dari Kutu MMT batch 2 GroupM

What's up guys???!!! ogenki desu ka ? Kali ini Iqbal, satu kutu dari MMT batch 2 Group M bakal ngebahas satu sisi dari digital marketing, which is startup business. "...Makhluk apaan tuh ? Belum pernah denger gw..." Tenang-tenang, walau kawan-kawan mungkin belum pernah denger kata startup business, pasti temen-temen yang sering online pernah lihat contoh makhluk satu ini.

Meski materi digital media yang didapat oleh Iqbal di MMT batch 2 GroupM tidak khusus membahas start up business, namun sang kutu akan memberanikan diri membahas makhluk satu ini. Selain modal nekat, beberapa insight yang didapat dari MMT batch 2 Group M cocok banget dengan bahasan kali ini.

So we start with definition.. what is startup business ?

Taken from http://en.wikipedia.org/wiki/Startup_company

" A startup company or startup is a company or temporary organization designed to search for a repeatable and scalable business model[1] . These companies, generally newly created, are in a phase of development and research for markets. The term became popular internationally during the dot-com bubble when a great number of dot-com companies were founded. "

" Startup companies can come in all forms, but the phrase "startup company" is often associated with high growth, technology oriented companies. Investors are generally most attracted to those new companies distinguished by their risk/reward profile and scalability. That is, they have lower bootstrapping costs, higher risk, and higher potential return on investment. Successful startups are typically more scalable than an established business, in the sense that they can potentially grow rapidly with limited investment of capital, labor or land."

Yap..panjang banget definisisnya. Intinya sih gini, startup ialah model usaha yang mencoba mengembangkan jenis bisnis baru yang diharapkan dapat menguntungkan pemodal ketika jenis usaha tersebut sudah mulai berjalan. Nah, uniknya, startup ini pesat berkembang di era digital karena posibilitas model usaha di platform digital hampir tidak terbatas!!!!!

"Oke Bal, gw ngerti sekarang, terus kan lw bilang kita pasti tau contoh nih startup. Emang apaan hayoo?"

Tenang dulu, ini dia contoh perusahaan startup yang berhasil di dunia :

google.com mmt batch 2 groupm
Google.com


Yap, Google.com adalah salah satu contoh startup yang sangat sangat sangat (repeat to infinity) berhasil. Awalnya dimulai sebagai mesin pencari di internet, sekarang Google sudah bisa merambah ke dunia iklan dengan platformnya sendiri, contohnya Adwords dan Google Display Network

facebook.com groupm mmt batch 2
Facebook.com
Facebook, ayo siapa yang ga tau Facebook ? Startup ini awalnya cuman sebuah media sosial intra kampus. Namun sekarang, hampir semua orang di dunia punya akun Facebook sehingga Facebook bisa membuat platform iklannya sendiri.

Indonesia juga punya loh satu startup yang mungkin kutu bisa bilang legendaris, which is....

kaskus.us mmt batch 2 groupm
Kaskus.us

Ya ini dia...satu startup lokal yang awalnya dimulai dari komunitas techies terbatas, sekarang udah jadi satu komunitas digital terbesar di Indonesia. Awalnya pendapatan Kaskus cuman dari donatur. Sekarang, lain banget ceritanya. Satu banner iklan di Kaskus nilainya bisa jutaan rupiah!!!!

Nah itu dia contoh-contoh startup yang berhasil di dunia maupun Indonesia. Temen-temen pasti kepengin kan punya juga usaha kayak gini. "Ah susah Bal, mesti gnerti teknis internet, mesti ngerti php, html, xml, wtf #$^#^%#%*#". Eiitsss tunggu dulu, startup mungkin keliatannya ribet. Namun, sebenernya ide diblaik startup itu simpel simpel loh. Kuncinya sama seperti memulai usaha lainnya, yaitu...

" Paham Kebutuhan Konsumen "

Ketiga contoh startup yang kutu kasih di atas itu berangkatnya dari ide ide simpel kebutuhan masyarakat internet. Ga percaya ? Pengen liat contoh startup yang simpel banget ? Tunggu artikel berikutnya dari Iqbal, satu kutu MMT batch 2 GroupM.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar