Selasa, 15 Mei 2012

Interaction within Google and You


Pernahkah kamu ingin membeli handphone seri terbaru? Jika pernah, pernahkah kamu mencari informasi produk tersebut di internet? Jika ya, apakah kamu menggunakan bantuan Google untuk mencarinya? Apakah kamu menemukan yang kamu cari di laman hasil pencarian Google? Mike juga pernah melakukan hal itu, ketika dia ingin membeli laptop baru. Dia tinggal mengetikkan kata “laptop murah” dan munculah beberapa halaman daftar berisi laman-laman yang bisa diakses untuk mendapatkan laptop murah. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Beberapa minggu lalu, Mike mendapatkan sedikit pencerahan mengenai bagaimana sebenarnya kerja mesin pencari Google dari mentor GroupM Interaction Indonesia dalam training MMT Batch 2 GroupM.

MMT Batch 2 GroupM, GroupM Interaction Indonesia
GoogleBot

Mesin pencari Google merupakan sebuah robot (Googlebot) yang mencari terus menerus sepanjang waktu dalam indeks Google dan mencocokannya dengan setiap kata kunci yang dicari oleh pengguna.  Googlebot akan merunut secara teliti setiap kata yang dimasukkan dalam website, blogs, file unggahan, nama link, nama laman, URL, dan isi dari berbagai macam laman untuk dicocokan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Jika Googlebot telah menemukannya, maka secara automatis dia akan menampilkannya dalam bentuk daftar yang jumlahnya bisa bervariasi, tergantung pada kata kunci yang digunakan.

Nah, ketika Mike mengetikkan kata “laptop murah” munculah banyak daftar link yang telah ditelusuri oleh Googlebot dan cocok dengan kata kunci yang dicari. Mike melihat di baris teratas terdapat tiga link yang terletak dalam kotak berwarna biru muda; di sebelah kanan layar muncul juga lima link toko online yang menjual laptop; sedangkan link-link lainnya masuk dalam daftar link yang berlaman-laman panjangnya. Mike bertanya, “Mengapa beberapa link yang berada dalam kotak berwarna biru itu berada di luar daftar? Mengapa mereka berada di posisi teratas ketika kata kunci diketikkan? Bagaimana mungkin link-link itu berbeda dari yang lain dan sepertinya lebih istimewa?”

Setelah menjadi peserta training MMT Batch 2 GroupM, Mike mendapatkan jawaban dari pertanyaannya. Pada saat mentor-mentor dari GroupM Interaction Indonesia membagikan pengetahuan mereka mengenai bagaimana menggunakan internet sebagai media, mereka menerangkan bahwa Googlebot bisa membantu menempatkan link-link di kotak berwarna teratas atau di layar bagian samping kanan yang meningkatkan potensi untuk diklik dan dibuka oleh pencari keyword tertentu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan dua metode yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). Dua hal ini dilakukan oleh GroupM Interaction Indonesia secara profesional untuk membawa website klien-kliennya menjadi yang teratas di laman mesin pencari Google.

MMT Batch 2 GroupM, GroupM Interaction Indonesia
Contoh Laptop
Untuk sekarang, mungkin cukup dulu cerita tentang Mike yang mencari laptop murah melalui Google. Let’s wait for the next Mike’s stories about GroupM Interaction Indonesia and how he learn from them in MMT Batch 2 GroupM. By the way, have a nice interaction with Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar