Pernahkah kamu ingin membeli
handphone seri terbaru? Jika pernah, pernahkah kamu mencari informasi
produk tersebut di internet? Jika ya, apakah kamu menggunakan bantuan
Google untuk mencarinya? Apakah kamu menemukan yang kamu cari di laman
hasil pencarian Google? Mike juga pernah
melakukan hal itu, ketika dia ingin membeli laptop baru. Dia tinggal
mengetikkan kata “laptop murah” dan munculah
beberapa halaman daftar berisi laman-laman yang bisa diakses untuk
mendapatkan laptop murah. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Beberapa
minggu lalu, Mike mendapatkan sedikit pencerahan mengenai bagaimana
sebenarnya kerja mesin pencari Google dari mentor
GroupM Interaction
Indonesia dalam training
MMT Batch 2 GroupM.
|
GoogleBot |
Mesin pencari Google merupakan
sebuah robot (Googlebot) yang mencari terus menerus sepanjang waktu
dalam indeks Google dan mencocokannya dengan setiap kata kunci yang
dicari oleh pengguna. Googlebot akan merunut secara teliti
setiap kata yang dimasukkan dalam website, blogs, file unggahan, nama
link, nama laman, URL, dan isi dari berbagai macam laman untuk
dicocokan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Jika Googlebot
telah menemukannya, maka secara automatis dia akan menampilkannya dalam
bentuk daftar yang jumlahnya bisa bervariasi, tergantung pada kata
kunci yang digunakan.
Nah, ketika Mike mengetikkan
kata “laptop murah” munculah banyak daftar link
yang telah ditelusuri oleh Googlebot dan cocok dengan kata kunci yang
dicari. Mike melihat di baris teratas terdapat tiga link yang terletak
dalam kotak berwarna biru muda; di sebelah kanan layar muncul juga lima
link toko online yang menjual laptop; sedangkan link-link lainnya masuk
dalam daftar link yang berlaman-laman panjangnya. Mike bertanya,
“Mengapa beberapa link yang berada dalam kotak berwarna biru
itu berada di luar daftar? Mengapa mereka berada di posisi teratas
ketika kata kunci diketikkan? Bagaimana mungkin link-link itu berbeda
dari yang lain dan sepertinya lebih istimewa?”
Setelah menjadi peserta
training
MMT
Batch 2 GroupM, Mike
mendapatkan jawaban dari pertanyaannya. Pada saat mentor-mentor dari
GroupM Interaction Indonesia membagikan pengetahuan mereka mengenai
bagaimana menggunakan internet sebagai media, mereka menerangkan bahwa
Googlebot bisa membantu menempatkan link-link di kotak berwarna teratas
atau di layar bagian samping kanan yang meningkatkan potensi untuk
diklik dan dibuka oleh pencari keyword tertentu. Hal tersebut dapat
dilakukan dengan dua metode yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan
Search Engine Optimization (SEO). Dua hal ini dilakukan oleh GroupM
Interaction Indonesia secara profesional untuk membawa website
klien-kliennya menjadi yang teratas di laman mesin pencari Google.
|
Contoh Laptop |
Untuk sekarang, mungkin cukup
dulu cerita tentang Mike yang mencari laptop murah melalui Google.
Let’s wait for the next Mike’s stories about
GroupM
Interaction Indonesia and how
he learn from them in
MMT Batch 2 GroupM.
By the way, have a nice interaction with Google.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar